Tips

Kekurangan dan Kelebihan Tabungan Emas di Pegadaian

Emas merupakan sala satu logam mulia yang jumlah di alam sangat terbatas. Selain itu, emas memiliki harga yang cukup tinggi dan naik setiap tahunnya. Emas banyak digunakan sebagai perhiasan seperti gelang, kalung, cincin, anting, dan masih banyak yang lainnya. Saat ini, emas juga menjadi salah satu cara investasi yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Tabungan emas menjadi salah satu investasi yang cukup banyak dikenal sekarang ini. Menabung emas akan berbeda dengan tabungan uang. Jika Anda menabung uang di bank, maka jumlah uang tersebut dalam satu atau dua tahun ke depan dapat berkurang karena adanya inflasi. Akan tetapi, ini berbeda saat Anda menabung emas. Harga emas beberapa tahun ke depan dapat menjadi dua kali lipat dari harga awal.

Kelebihan Tabungan Emas di Pegadaian

Sekarang ini, ada program tabungan emas yang dijalankan oleh Pegadaian selaku BMUN. Menabung emas sendiri merupakan program yang melayani pembelian serta penjualan emas dengan sistem titipan dan harga yang terjangkau. Ini tentu akan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin berinvestasi akan tetapi tidak memiliki cukup dana. Ada beberapa kelebihan yang dapat Anda peroleh jika mengikuti program menabung emas di Pegadaian. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan tersebut:

  • Membeli emas dengan harga yang terjangkau

Meskipun Anda tidak memiliki banyak uang, akan tetapi Anda tetap dapat mengikuti menabung emas yang satu ini. Anda dapat menabung emas mulai dari Rp 5000. Saat Anda melakukan setor tunai, maka uang yang Anda miliki ini akan langsung terkonversi menjadi bentuk gram emas yang akan tercatat dalam buku tabungan.

  • Membeli emas bersertifikat

Saat ini, banyak orang yang masih sulit membedakan antara emas asli dan emas palsu sehingga banyak orang yang mengalami penipuan. Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda dapat membeli emas yang memiliki sertifikat seperti emas Antam. Emas Antam ini dapat Anda peroleh dengan ikut program menabung emas.

  • Mudah dicairkan

Pencairan emas lebih mudah dibandingkan saat Anda akan mencairkan investasi lain seperti tanah dan rumah. Saat tabungan Anda sudah mencukupi, maka Anda akan memperoleh emas secara fisik. Emas yang telah Anda miliki tersebut dapat Anda jual atau dapat Anda gadaikan.

  • Penyimpanan lebih aman

Jika Anda berinvestasi emas batangan di bank, maka Anda perlu menyimpan emas tersebut di tempat yang lebih aman sebagai contoh safety deposit box. Jika Anda melakukan investasi emas di pegadaian, Anda tidak perlu pusing karena emas Anda akan disimpan oleh pihak pegadaian dengan aman.

  • Kemudahan dalam menabung

Saat ingin menabung emas, Anda dapat melakukannya dengan transfer melalui bank. Anda tidak perlu datang langsung ke tempat pegadaian tersebut. Anda cukup transfer melalui ATM atau dengan menggunakan internet banking yang akan lebih memudahkan Anda dalam berinvestasi.

  • Bebas dari pajak

Saat ini belum ada peraturan yang mengharuskan Anda membayar pajak untuk emas yang Anda investasikan. Ini tentu akan berbeda dengan tabungan uang yang Anda lakukan.

Kekurangan Tabungan Emas di Pegadaian

Selain memiliki kelebihan, tabungan emas juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini merupakan kekurangan dari menabung emas di pegadaian:

  • Ada minimal berat yang harus dicairkan

Tentu tidak sembarangan nominal gram emas dapat Anda ambil. Ada nominal minimal emas batangan yang dapat Anda ambil. Setidaknya Anda harus memiliki minimal nominal saldo seharga 5 gram emas batangan.

  • Adanya kurs beli serta kurs jual

Adanya kurs beli dan jual ini akan membuat selisih harga saat Anda menjaminkan emas yang Anda peroleh.

  • Belum tersedia di semua pegadaian

Untuk mendaftar program yang satu ini sebenarnya sangat mudah, Anda cukup datang ke pegadaian dan kemudian mendaftarkan diri dengan menyertakan KTP. Sayangnya, belum semua pegadaian menerapkan program yang satu ini. Ini membuat Anda harus pergi ke kota untuk dapat memperoleh program menabung emas dari pegadaian. Tidak hanya itu, mencairkan emas juga harus dilakukan di tempat registrasi Anda.

  • Adanya biaya administrasi serta fasilitas titipan

Untuk biaya administrasi awal yang akan dikenakan sebesar Rp 10.000. Sedangkan untuk biaya fasilitas titip akan dikenakan Rp 30.000 setiap 12 bulan. Saat Anda ingin mencetak emas tersebut dalam bentuk fisik, Anda diharuskan membayar biaya cetak.

  • Belum bisa melakukan daftar online

Jika Anda ingin mendaftarkan diri dalam program ini, maka Anda harus datang secara langsung ke tempat pegadaian karena saat ini belum tersedia pendaftaran secara online. Ini akan sedikit mempersulit Anda yang memiliki rumah cukup jauh dengan tempat pegadaian.

Demikian di atas merupakan kelebihan serta kekurangan yang dapat Anda peroleh ketika ikut program Tabungan emas di Pegadaian.